27 Sep 2011

Diet Oh... Diet.....

        "Waaaaah.... cepet amat mbak kurusnya!!!"

         Wuih merdu beneeeeer deh kedengerannya komen2 model begini sekarang... hehehe....

Padahal sih 6 bulan yg lalu sering bgt diam2 search nama sendiri di twitter dan jelas2 ketangkep basah org2 yg gak mention tapi jelas2 ngomongin "iiiiiih Mona Ratuliu main sinetron lagi... Gak ngaca apa badannya udh kyk lemper gitu!!!". Huhuhuuuuu.... sediiiih bgt rasanya...! Gak cuma 1 org lho yg komen gituuuu... Langsung deh masuk bbm grup ibu2 senasib dan curhat abis2an masalah berat badan... Hiks...

Sebenernya udh mulai diet 1tahun sebelum saya tayang perdana kembali di sinetron itu... Tapi memang gak mudah buat ibu menyusui seperti saya kala itu untuk menurunkan berat badan. Jadi buat saya yg sampe skrg msh usaha menurunkan sekitar 3kg lagi berat badan saya, sudah terhitung 1,5 tahun berusaha menurunkan berat badan. Fiuuuuuuuhhhhh.... perjalanan panjang yg cukup melelahkan, namun sangaaaaaat memuaskan disaat baju2 masa langsing sudah mulai bisa mejeng kece lagi dibadan... hihihi...

Sekarang sih mulai banyak nih yg tanya, "Gimana sih mbak caranya bisa langsing lagi?". Hmmmm sebenernya bukan males jawabnya... Tapi jawabannya emang panjaaaaaaaaaaaaang bgt... Dan yg udah2 sih begitu dijelasin lgsg mundur dgn teratur setelah tau usaha saya nggak instan...

Jadi saya bocorin aja nih yah.... Siap-siaaaaaaap!!! Awas kageeeeeeet!!!! :p

Saya memang keukeeeeeeeh pengen kasih ASI ke Raka minimal 2 tahun... Susah kan tuh dietnya kalo gitu... Apalagi setelah melahirkan raka saya kelebihan berat badan sampai 25KG!!! Sementara tipe badan saya nih yg nggak turun se-ons pun pada saat menyusui kalo gak diet... Kan ada tuh ibu2 yg otomatis berat badan merosoooot pada saat menyusui, aaaaah... bersyukurlah anda pada yg kuasa... Tapi saya mah nggaaaaaaaak sama sekaliiiiii.... 

Jadi saya mulai atur pola makan, kurangi karbohidrat, dan memperbanyak sayur dan lauknya pada saat Raka umur 1thn... Diusia ini raka sudah punya pola makan 1 hari 3x, minum jus, dan susu UHT. Jadi kegiatan menyusui sudah nggak sedahsyat sebelumnya... Jadi saya pikir inilah saatnya mengatur pola makan... Namun sebenarnya saya yakin bisa dimulai tahun sebelumnya dgn mengganti nasi putih dgn nasi merah... Nyesel juga sih agak terlambat...

Saat usia Raka sudah menginjak 1,5thn sayapun mencoba diet mayo... Diet ini dahsyaaaaattt sekali efeknya! Konon dalam 13 hari bisa menurunkan 5-8kg berat badan... Bahkan denger2 ada yg lebih lho... Dan dahsyatnya lagi, kalau menjalankan sesuai aturan berat badanpun nggak akan naik lagi... Sayapun kemudian menjalankan diet model ini... Benar saja, berat badan saya susut 5kg selama 13hari! Dan tetap bertahan setelah itu... Menu diet mayo akan saya posting setelah ini.. Tapi cuma info aja nih... diet kyk gini beraaaaaaaaat bgt! Saya sih kyknya males juga kalo disuruh ngulang lagi, hehehe...

Setelah itu saya tetap menjaga agar berat badan saya stabil dgn sarapan roti gandum, mengganti beras putih dengan beras merah, lebih banyak lauk dan sayur, stop ngemil, membatasi asupan karbohidrat dibadan dan pilates 1minggu 2x. Oh, pernah juga ikut belly dance, aerobik, dsb. Daaaaaaaaan otot lutut kanan saya sobek gara2 kurang stretching!!! Sayapun pincang selama 6 bulan... Dan gak boleh lagi berolah raga high impact sebelum lutut saya dioprasi dan normal kembali, sigh!

Kemudian setelah Raka 2 tahun sayapun mendapatkan tawaran sinetron. Semangat untuk segera menurunkan berat badan kian membara. Apa lagi dengan komen orang2 di twitter dengan berat badan saya yg memang masih jauh dari normal. Komen ibu2 yg ketemu di supermarket, "Mbak aslinya lumayan kecilan yah, kalo di tv gede bgt deh mbak!". Awalnya nggak saya masukin hati sih, tapi lama2 karna keseringan saya jadi sensitif dan gampang tersinggung dikomentarin kyk gini... Karna sumpaaaaaaaaaaahhhh deh buuuuuuuuu saya udh cukup mati2an dalam usaha penurunan berat badan ini... huahuahuaaaaaaaa!!!

     Akhirnya sayapun ketularan Indra Brasco, suami tercintaku, yg dalam 3 bulan merosot 10kg gara2 nge-gym bersama personal trainer. Sayapun mulai nge-gym dan menjalankan pola makan sesuai dengan anjuran dari personal trainer... High protein, mengganti karbohidrat putih dgn merah, less salt, less sugar, less oil.. Alhamdulillah sekarang liuk tubuh sudah cukup enak dilihat... Target saya tinggal menurunkan 2-3kg lagi hanya demi kelihatan tirus di tv. For your information, di tv kita kelihatan 5kg lebih gemuk dibandingkan aslinya... 

      Kesimpulannya, merubah pola hidup dgn olah raga dan makanan sehat memang paling ampuh dalam menurunkan berat badan. Kunci kesuksesannya hanya SABAR dan KONSISTEN!!!


    SELAMAT MENCOBA!!!!! :) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar