20 Des 2011

Parenting Lagi

Temen pernah kasih tunjuk buku bagus, judulnya ”Saatnya Melatih Anakku Berpikir” karangan Toge Aprilianto. Isi buku itu secara umum semakin menegaskan bahwa disiplin dengan cinta itu penting banget buat parenting. Aku coba kutip dikit-dikit yaaa

Di bab awal buku itu, dikupas tuntas mengenai apa itu Parenting. Nah penting nih, karena dari sini pemahaman kita dimulai. Parenting itu adalah proses pengasuhan dan pendidikan anak, mulai lahir sampe dewasa. Tapi harus hati-hati, karena tahap dewasa dalam fungsi parenting itu bukan dewasa secara fisik lho yaaaa, tapi dewasa secara mental (psikologis). Dan kedewasaan mental itu gak bisa muncul secara otomatis. Kedewasaan mental butuh bantuan atau keterlibatan orang lain. ”Orang lain” ini biasanya untuk tahap awal, dan utama, adalah orangtua. Dari situlah kenapa proses membangun kedewasaan mental disebut sebagai parenting.


Gimana caranya ngukur kedewasaan mental? Buku ini kasih beberapa indikasi, yang mana semuanya bicara mengenai ”kesanggupan”. Kesanggupan itu artinya mau dan mampu. Mau aja gak cukup, kalo gak mampu. Sebaliknya, mampu doang gak ada gunanya kalo gak mau. Jadi, indikasi kedewasaan mental itu kudu mau dan mampu alias sanggup untuk :
  1. mengelola dirinya sendiri secara mandiri. Buat bisa mandiri, anak harus bisa mikir. Nah kemampuan berpikir ini harus dibantu ma orang tua, karena anak tuh ngertinya enak vs gak enak doang, padahal untuk bisa mandiri, anak perlu kenal tuh yang namanya perlu vs gak perlu.
  2. belajar dan menguasai hal baru. Kadang anak takut kan ya, ketemu orang baru, ada di lingkungan baru, dll. Nah peran orang tua tuh buat bantu anak mengatasi hal-hal baru yang muncul di hidup si anak. Dan pelan-pelan nantinya, si anak bisa secara mandiri mampu menghadapi macam-macam situasi di hidupnya.
  3. terlibat dalam kehidupan sosial. Ini penting nih. Kan kita semua gak hidup di gua kan ya? Jadi semua perilaku kita, pasti akan mempengaruhi dan dipengaruhi kehidupan sosial di sekeliling kita. Nah, anak juga gitu tuh, dia harus belajar untuk menjalin kehidupan sosial yang harmonis, gak menang sendiri, tapi juga jangan trus diem aja di pojokan karena takut berinteraksi.

Saking sayangnya ma anak nih ya, kadang orang tua tuh tanpa sadar, justru bersikap sebagai :
-         pelindung
-         penyelesai masalah
-         penjajah

Semua urusan anak, maunya diberesin ma orang tua. Padahal, anak-anak perlu lho dikasih kesempatan buat belajar. Nah belajar di sini ini, termasuk belajar untuk mengatasi kesulitan dan bertanggung jawab. Lha kalo orang tuanya selalu beresin masalah dia, kapan anak belajar nya? Gitu juga kalo orang tua terlalu khawatir. Ini itu gak boleh karena takut anaknya kenapa-napa. Padahal anak perlu lho belajar banyak supaya dia juga belajar melindungi dirinya sendiri. Kita kan gak hidup selamanya kaaaaannn?? Siapa ntar yang ngelindungin anak-anak kita pas kita udah gak ada, kalo mereka gak diajarin ngelindungin diri mereka sendiri?

Ngenesnya, di satu sisi ngelindungin dan beresin masalah, eh di sisi lain, ortu keukeuh nih ama pola hubungan kuno antara orang tua ma anak : vertikal. Pola vertikal ini maksudnya, orang tua di atas, anak di bawah. Jadinya gak sejajar. Orang tua tuh jadinya ngerasa berhak dan paling ngerti soal apa yang baik dan buruk buat anak. Ujung-ujungnya otoriter deh, gak kasih anak kesempatan memilih dan mengemukakan pendapat. Jadinya, anak sulit mengembangkan diri bahkan cenderung defensif atau malah agresif karena ngerasa diperlakukan tidak adil.

Haduh, baru 1 bab, udah banyak bener yang harus di-share. Lanjut lagi nanti yaaaa, masih buanyaaaaakkk yang bisa dibagi kok. Sabar nunggu kaaannn?

1 komentar:

  1. Setuju mbak Mona, ... mempersiapkan anak dengan matang memberikan ilmu yang bermanfaat, baik sekolah maupun ilmu agama, agar kelak anak mampu hidup mandiri dengan prinsip yang kuat dan ber-Akhlak mulia.

    Semoga Sukses Selalu bwt Mbak Mona

    BalasHapus