30 Sep 2011

RAKA MOGOK MAKAN

Seru juga ternyata pas posting tema ini di twitter... Banyak bgt ibu2 yg mengalami pengalaman yg sama persis. Anak mogok makan, istilah ngetopnya GTM kepanjangan dari gerakan tutup mulut. Beberapa kali baca curhat ibu2 di milis sehat tentang ini... Seruseruuuuuuu deh! Bolak balik tips yg digaris bawahi adalah ibu jangan panik... Ehhhh ternyata pas kejadian emang agak susah sih untuk tetap kalem... Benar2 menguji kesabaran lahir batiiiiin.... hihihih....



Waktu lagi puyeng2nya minggu pertama raka gtm untungnya juga paaaaaaaasss jadwal imunisasi... Jadi nanya2 ke dokter langsung dan dgn nyantainya si dokter jawab, " Biasaaaaa... ini memang umurnya anak gtm.". Iya juga sih... sebenernya udah tau juga dari byk info2 yg dpt dipercaya, tapi gemes ttp pgn tanya mumpung ada si dokter, hehehe.... Dan emang berhasil, lumayan agak tenang juga liat muka flat si dokter, tandanya banyak ibu2 yg dtg dgn curhat yg sama... Tandanya ya common problem...


Tapi disaat minggu ke2 masih ogah juga makan nasi, serumah termasuk si mbak juga mulai dagdigdug sih... bolakbalik cuma minum jus, susu, makan kentang goreng, sama roti. Hmmmmm... inilah saatnya ujian dari selama ini belajar banyaaaaaaak bgt ilmu parenting. Tarik nafaaaaaaaaaasssss, MULAI!



1. Walau selalu nolak makanan selain yg disebut diatas, tapi sy selalu nawarin ke raka sambil nyanyi, joged, kalo bisa kayang kyk dewi persik sih mau juga... Yg penting dgn cara yg menyenangkan... Krn teorinya kalo si anak dipaksa apalagi sambil diomelin malah proses makan dibenaknya jadi proses yg sama sekali gak menyenangkan, bikin trauma. Tapi segala usaha yg saya peragakan ttp berakhir dgn tolakan dari raka. "Ya udah kalo raka gak mau gak papa, nanti kalau lapar bilang ya sama bunda."... Mudah2an dari situ raka tau kalau sy menghargai keputusan yg dia buat.


2. Takut juga sih raka kurang makan. Tapi saya ttp nggak nyodorin berbagai camilan apalagi yg kemasan atau terus2an nyodorin raka susu saking takutnya anak kekurangan gizi. Saya memilih membiarkan raka kelaparan, karena dari situ dia akan tau kalau makan itu bukan kewajiban karena disuruh sama bunda, makan itu adalah suatu kebutuhan.


3. Dalam acara main saya selalu selipin pesan2 sponsor. "waaaaaaah dinosaurus badannya gede baaaaangeeeet!!! pasti suka makan nasi pake ayam sama sayur bayem deeeeeeh!!!". Sering juga kita main masak2an. Raka seneng banget jadi tukang masaknya, saya yang beli... Pesanan saya juga mengandung pesan2 sponsor, "Hmmmmm apa ya yang enaaaaaaak? Oh, saya pesen nasi pake ikan salmon sama brokoli ya pak! enak banget kan tuh... mmmmmhhhh!". Begitu pesanan datang saya pura2 makan dgn ekspresi keenakan paling pooooooollll!!! Harapannya sih raka juga ikutan tergiur dan akhirnya ingin makan.. 


4.Setelah sebulan lebih.. akhirnya nggak sengaja buka lemari yg isinya piring2 si kakak, Davina. Raka mengambil piring yg gambarnya barbie... Dia memang seneng bgt gambar cewek cantik, persis bapaknya, hehehe... " Raka suka ya piring barbie? Mau makan pake piring itu?". Tiba2 dia semangat... Wah selama ini nggak kepikiran... Besoknya saya beli piring dgn macam2 gambar, dan membiarkan raka memilih piring yg mana yg mau dipakai untuk acara makannya... Rakapun semangat makan, sehari sampai 4x, setiap makan nambah lagi! Terharu....


Seneng bgt deh bisa melewati fase GTM Raka tanpa emosi.. Pelajaran yg juga saya ambil bahwa benar byk anak mengalami fase ini, dan akan terlewati dengan sendirinya tanpa dikasih suplemen atau jamu penambah nafsu makan. Sakseeeeeees menerapkan segala ilmu parenting dan GTM yg saya punya... 


Tapi oh tapi... sekarang Raka mulai GTM lagi... udah 3 minggu... Yiuk mareeeeeeeeeeee... Kalo ada yg punya stok sabar tolong hubungi saya! *lap keringet*

7 komentar:

  1. Raka umur berapa toh? anakku kmrn sempet susah makan gitu .. pas di rumah eyangnya di malang aku sie biasa aja toh masih ASI dan baru beberapa hari, tiap di suapin emoh, tapi klo nemu kerupuk mau :(. akhirnya sama eyangnya aku disuruh minum temuireng plus anaku juga sempet nyicip dikit eh besokkannya langsung napsu makan alhamdulillah :D. hehe btw itu termasuk GTM atau bukan yak :)

    BalasHapus
  2. Iya itu GTM mom... GTM sih pasti "sembuh" dgn sendirinya kok... mmg ada fase2nya... Sabar2 aja yah... Kadang suka kumat lagi, hehehe....

    BalasHapus
  3. Anakku umur 4th juga pernah GTM, awalnya mo emosi jg ya.. Tp aku kasi susu ama roti ana.. Tapi g menyerah jg siapin makanan enak buat dia... Akhirnya mau jg makan dan awalnya hanya nasi, tahu dan kecap aja. Alhamdulillah skr syaima makan dgn lahapnya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Bener kan, cukup ditunggu aja sampe fase mogok makannya lewat... Anak gak akan membiarkan dirinya sendiri kelaparan kok.. Kayak kita aja, hehehe...

    BalasHapus
  5. Mba.. Kpn nich seminar di solo..? Ditunggu ya :)

    BalasHapus
  6. mba anakku umur 10bln,kmrn abis sakit sampe dirawat karna demam tinggi.. skrg lg emoh makan,udah gonta ganti menu dr bubur nasi, tim, oat dicobain dan berbagai sayur dan lauk.. biasanya makan mau duduk di highchair nya,skrg maunya digendong baru mangap mpe 5 suapaan.. gmn nih ngadepinnya badannya tambah kuruuuus *mewekambilbantal... help donk mba, what must i do???? makasiii

    BalasHapus
  7. Hi mba mona.. bole sharing ya sedikit walopun kynya da telat jg ya aku baca ini.. hehe.. babyku skrg 9m.. n dy mulai GTM dr umur 8m.. or tepatnya sjak tumbu gigi atasnya.. yg bkin aku bingung adalah aku da bkin sgala macam tekstur sgala macam kreatifitas yg aku pnya cuma ga dimakan.. or kdg dimkan pun 5suap d.. biz tu mingkem.. tp kl makan buah dan biskuit lahap.. kira2 knapa ya bgtu dan solusinya apa

    BalasHapus